Monday 30 June 2014

Flying Gurnard (Sea Robin) "Ikan Terbang" yang Tidak Bisa Terbang


Flying Gurnard By Wisnu Purwanto

Apa itu ikan Flying Gurnard?

Ikan Flying Gurnard adalah famili Dactylopteridae yang memiliki sirip menyerupai sayap berbentuk bulat. Meskipun disebut flying (terbang) ikan ini tidak bisa terbang di udara. Ikan ini diberi nama Flying Gurnard karena memiliki sirip berbentuk sayap, dan ketika berenang , mereka akan mengepak-ngepakkan sayap mereka seperti burung yang sedang terbang.



Flying Gurnard merupakan ikan dasar laut, dan dapat ditemukan di bagian dasar lautan berpasir, dengan kedalaman 100-200m dan tersebar di bagian Samudra Pasifik.

Flying Gurnard juga biasa disebut dengan Helmut Gurnard, Oriental Helmut Gurnard, Oriental Gurnard, Oriental Flying Gurnard, Brown Flying Gurnard, Purple Flying Gurnard, Flying Fish, Sea Robin, Grunt Fish dan Grondin Volant.

Ciri-ciri (bentuk, warna, anggota tubuh)

Ikan Flying Gurnard memiliki sirip yang besar menyerupai sayap, kebanyakan diantara mereka terdapat duri disekitar sayapnya dan memiliki motif yang indah dan bervariasi (sesuai dengan habitat mereka). Ikan ini memiliki 6 “kaki” yang digunakan untuk menjelajahi dasar laut, dan juga memiliki tulang yang sangat keras.
Ikan ini memiliki panjang sekitar 30-40cm dan menghabiskan banyak waktu untuk menjelajah didasar laut karena mereka tidak bisa berenang terlalu jauh keatas dan mereka hanya mampu bergerak maju dan mundur, namun mereka memiliki pergerakan yang cukup cepat untuk membelah air dan meluncur sehingga kelihatan seperti terbang. Tetapi mereka tidak mampu untuk berputar  dengan baik karena sayap mereka tidak cukup fleksibel untuk melakukan hal ini.

Cara bertahan hidup

Ikan ini memiliki 4 cara untuk bertahan dari para predator. Pada saat terancam, mereka akan melebarkan sayap mereka agar mereka terlihat lebih besar untuk menakut-nakuti predator sambil mengerluarkan suara. Mereka biasanya bersembunyi  di bawah pasir untuk melindungi diri dari predator.
Ikan ini juga memiliki duri dibagian insangnya dan dapat menyuntikkan racun “ringan” dari sirip punggungnya. Apabila terkena racunnya, maka akan merasakan rasa sakit ringan selama beberapa hari.

Makanan

Makanan untuk ikan Flying Gurnard adalah spesies yang sering berada didasar laut, seperti kerang, kepiting dan ikan-ikan kecil. Flying Gurnard lebih aktif pada malam hari sehingga mereka dapat berburu mangsa yang beristirahat pada malam hari.

No comments:

Post a Comment

- Isi komentar dengan sopan, tidak kasar, dan bermanfaat.
- Kritik dan saran akan sangat membantu untuk penyempurnaan artikel.
- Apabila kamu suka dengan artikel ini, silahkan centang Reaksi: Great atau tulis komentar: Great, dan juga bagikan di situs social media kamu. Dengan begitu, kamu sudah membantu memperkenalkan sedikit mengenai Indonesia kepada teman-temanmu.